Selalu Ada Kebahagiaan Didalam Hati

Kebahagiaan, adalah suatu rasa yang sangat menyenangkan. Rasa yang timbul dari dalam hati dan akan membawa kebaikan-kebaikan pula dalam setiap kebahagiaan. Kebahagiaan sangatlah indah, bahkan lebih bernilai dari emas ataupun perak. Kebahagiaan pula yang menjadi obat bagi hati-hati yang sedang diliputi kesedihan.

Pernah ada sebuah kisah, seorang pengusaha kaya yang sangat dicukupkan. Baik dari segi keuangan maupun segi pendidikan. Tetapi hidupnya selalu diliputi kerisauan, kecemasan, dan kesedihan. Padahal dia memiliki banyak uang, dan bisa saja menghambur-hamburkannya untuk mencari kesenangan. Tetapi anehnya dia tetap merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Satu kata yaitu “Kebahagiaan”.

Dengan penuh pengupayaan mencari suatu kebahagiaan, seorang pengusaha tersebut menghabiskan seluruh kekayaan yang dia miliki untuk berkeliling dunia. Mencari hal apakah didunia ini yang membuatnya dapat merasakan kebahagiaan. Setelah hampir mengarungi berbagai belahan dunia akhirnya dia dipertemukan oleh seorang petapa disuatu bukit.

Sewaktu pengusaha tersebut menanyakan tentang masalahnya untuk mencari kebahagiaan pada petapa itu. Sang petapa hanya diam sambil menyentuh dada si pengusaha itu. Lalu mengatakan, “Kebahagiaan mu ada dalam dirimu. Yaitu dihati mu.” Sang pengusaha pun seketika terhenyuh dan menangis akan sebuah kata-kata sederhana dari seorang petapa tua.

Alhasil setelah beberapa saat bersama petapa itu, pengusaha tersebut pulang dengan wajah tersenyum bahagia dan mengatakan pada dirinya sendiri. “Ternyata bukanlah uang yang selama ini membuatku bahagia, tetapi sebuah hati untuk menerima kebahagiaan.”

Inti dari kisah diatas adalah yang terpenting dalam hidup ini bukanlah uang, kekuasaan, jabatan, ataupun pangkat dalam suatu perusahaan. Melainkan suatu hati yang tulus untuk dapat menerima setiap kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang akan mengubah hidup menjadi lebih baik. Karena dengan kebahagiaan pula akan dating kebaikan-kebaikan.

Kebahagiaan memang hal yang seharusnya mutlak kita miliki, karena kebahagiaan terletak didalam diri kita, yaitu di hati. Tetapi masih banyak orang yang menganggap dirinya tidak bahagia, tetapi ia memiliki hati. Ada suatu permasalahan, yaitu penyakit hati. Penyakit hati adalah penyakit dimana hati kita tidak mengizinkan kebahagiaan-kebahagiaan kecil untuk mengisinya. Kebahagiaan yang besar tersusun dari kebahagiaan kecil, jadi bagaimana seseorang mampu merasakan bahagia yang besar jika hatinya menolak kebahagian-kebahagiaan kecil?

Ingatlah bahwa kebahagiaan ada dan pasti ada didalam hati kita, tidak akan mungkin hilang. Bahkan dalam suasana kekurangan uang, keterbelakangan ilmu. Sebagai contoh seorang penarik becak mampu tersenyum bahagia ketika melihat anaknya pulang dari sekolah dan menjadi murid yang teladan disekolah. Walaupun ia penuh dengan keringat sehabis menarik becaknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: